Logo

Artikel

Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Berwawasan global dan berkarakter Islami

Sekolah vokasi menjadi program pendidikan bagi para siswa-siswi maupun mahasiwa agar memiliki keahlian khusus di bidang yang ditekuninya sehingga nantinya dapat melahirkan tenaga kerja yang berkualitas dan mampu bersaing. Sekolah vokasi ini tercermin dalam Sekolah Menengah Kejuruan dan juga pendidikan vokasi di perguruan tinggi. Saat ini pendidikan vokasi juga diharapkan mampu melahirkan generasi yang mampu menyongsong revolusi industri 4.0.

Revolusi industri merupakan transformasi peningkatan efisiensi pada setiap lini kehidupan masyarakat dengan mengintegrasikan kemampuan digital dan produksi pada industri yang mengacu pada peningkatan perkembangan teknologi secara berkelanjutan. Hadirnya revolusi industri ini tentunya semakin mempermudah masyarakat dalam segala bidang. Tentunya juga diperlukan kompetensi Sumber Daya Manusia yang dapat bersaing.

Memasuki era revolusi industri 4.0 ini, Indonesia ditantang untuk siap menghadapi perubahan dalam berbagai sektor. Karena saat ini sudah memasuki era serba digital, untuk itu lulusan sekolah vokasi diharapkan mampu menguasai praktik sesuai bidangnya di lapangan dalam dunia indsutri. Tumbuh pesatnya revolusi industri 4.0 ini, bukan lagi persaingan antar tenaga kerja manusia, melainkan dengan teknologi.

Pendidikan Vokasi, Menjawab Kompetensi Era Industri 4.0

Munculnya berbagai macam teknologi yang semakin canggih tentunya dapat membantu manusia dalam melakukan dan menyelesaikan pekerjaan secara praktis dan cepat dengan bantuan teknologi-teknologi canggih tersebut. munculnya revolusi industri 4.0, menjadikan semua pekerjaan manusia menjadi serba digital, semakin hari sistem konvensional akan semakin tertinggal. Karena masyarakat akan lebih memilih kemudahan dalam memenuhi kebutuhannya.

Salah satu contohnya, saat ini sudah ada smatphone, dimana dengan menggunakan teknologi canggih bernama smartphone ini manusia akan sangat memperoleh kemudahan, mulai dari adanya toko online, akses informasi, hingga mempermudah pekerjaan-pekerjaan yang lainnya. Semua sudah serba mudah dengan adanya smartphone, hanya berdiam diri di rumah, apa yang Anda butuhkan akan bisa terpenuhi tentunya.

Nah, kemudian jika revolusi industri 4.0 ini sudah semakin berkembang, maka untuk mengimbanginya harus ada tenaga manusia yang memiliki kompetensi sehingga mampu bersaing dengan era industri tersebut. Munculnya era industri 4.0 ini membutuhkan kompetensi baru sehingga sudah tersedia SDM unggul yang dapat bersaing dengan perkembangan teknologi. Dilain sisi, juga membuka peluang lebar bagi lulusan sekolah vokasi untuk dapat bersaing di era industri 4.0.

Tentunya harus ada kompetensi yang keahlian yang diberikan supaya nantinya lulusan-lulusan tersebut dapat bekerja sesuai dengan minat dan bakat serta bidang mereka. Karena sekolah vokasi menjadi sekolah yang diharapkan mampu melahirkan Sumber Daya Manusia yang siap bekerja meyongsong era industri 4.0 dengan perkembangan teknologinya.

Mengetahui Keunggulan Pendidikan Vokasi di Era Industri Saat Ini

Nah beberapa keunggulan pendidikan vokasi tersebut antara lain:

  • Lebih Praktikal

Pada pendidikan vokasi, melatih siswa-siswi dan mahasiswanya dengan keahlian praktikal, artinya lebih banyak pelajaran yang langsung praktek daripada teori. Selain itu kegiatan tersebut juga banyak dilakukan dengan cara turun langsung melakukan praktek di bidang-bidang pekerjaan yang menjadi kompetensi mereka. Berbeda dengan sekolah umum yang justru sering mengerjakan tugas, mendengarkan pembelajaran sesuai dengan teori-teori yang ada.

  • Banyak pilihan institusi

Pendidikan vokasi ditawarkan dengan lebih banyak pilihan institusi di perguruan tinggi, seperti universitas dengan pendidikan vokasi, politeknik, pusat pelatihan atau institusi lain yang berspesialisasi dalam menyelenggarakan program sekolah vokasi. Jadi Anda dapat memilih pendidikan vokasi dengan jurusan yang sesuai dengan kompetensi Anda, supaya kemampuan dapat cepat berkembang.

  • Beragam pilihan program

Keunggulan sekolah vokasi lainnya yaitu, cocok bagi Anda yang sudah jelas dan yakin dengan apa yang akan Anda kejar atau pekerjaan yang menjadi cita-cita Anda. Terdapat banyaj sekali bidang yang tersedia mulai dari bidang pariwisata dan perhotelan, desain interior, sekretaris, teknik otomotis, manajemen retail, pengembangan software hingga bidang kuliner.

Sekolah vokasi menekankan keahlian praktek yang dibutuhkan untuk dapat terjun langsung ke industri serta pembahasan topik yang diberikan dikemas secara spesifik, berbeda dengan sekolah umum atau perkuliahan di universitas dengan jenjang sarjana yang membahas topik lebih luas.

Di era serba digital ini, output ataupun lulusan dari pendidikan vokasi diharapkan mampu menguasai teori praktik sesuai bidangnya di lapangan yaitu dalam dunia industri, khususnya pada era revolusi industri 4.0. terbosan serta inovasi baru perlu diterapkan. Selain itu kesiapan mental yang Tangguh dalam menghadai era serba digital bagi para lulusan pendidikan vokasi tersebut.

Upaya untuk Melahirkan Lulusan Pendidikan Vokasi sebagai Penyedia Kompetisi

Dukungan penuh dari semua elemen juga sangat membantu mulai dari pemerintah, institusi pendidikan, guru/dosen hingga orang tua. Beberapa upaya untuk dapat melahirkan lulusan pendidikan vokasi harus diupayakan oleh berbagai pihak. Supaya lulusan pendidikan vokasi dapat bersaing di era industi 4.0 ini, perlu dipertimbangkan beberapa hal berikut:

1. Berorientasi pada Industri

Pengembangan pendidikan vokasi harus dapat berorientasi pada kebutuhan industri atau kebutuhan pasar kerja. Salah satunya dengan membuat jurusan-jurusan baru sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. Upaya ini merupakan wujud pelaksanaan persiapan mental sebagai gerakan untuk membangun dan melahirkan kualitas Sumber Daya Manusia yang kompeten, terutama dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 ini.

Campur tangan pemerintah juga sangat diperlukan, sehingga mampu melihat peluang kerja yang dibutuhkan di era serba digital ini, dan mengintegrasikan peluang kerja tersebut dalam pendidikan vokasi. Sehingga nantinya lulusan pendidikan vokasi dapat memilih pekerjaan sesuai dengan kompetensi mereka, dan peluang kerja tersebut sudah tersedia.

2. Mampu Menghadapi Perubahan

Selain itu lulusan tersebut juga harus dapat beradaptasi dengan lingkungan industri yang tangguh dalam menghadapi segala perubahan yang ada. Karena revolusi industri 4.0 ini juga akan terus berkembang pesat sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan teknologi yang semakin maju. Hal ini diharapkan supaya lulusan pendidikan vokasi juga mampu menghadapi perubahan tersebut. Mereka juga harus mampu memberikan inovasi baru supaya tidak tertinggal dengan revolusi industri.

3. Kurikulum

Kurikulum yang tidak mampu megikuti perkembangan industri yang cukup pesat ini menyebabkan dunia industri kerap kali mengeluhkan lulusan yang tidak sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Untuk itu, perlu adanya perombakan kurikulum, hal ini dikarenakan semua jurusan harus menguasai dasar-dasar yang berkaitan dengan teknologi, data dan ‘humanity’. Dengan begitu, lulusan pendidikan vokasi akan siap menghadapi tantangan dunia industri di era serba digital ini.

Pendidikan vokasi nantinya diharapkan dapat memenuhi permintaan, serta link antara industri dengan penyelenggara pendidikan, dan match antara karyawan dengan pengusaha. Keberhasilan pendidikan vokasi dapat dilihat dari lulusannya yang mampu bersaing dengan era industri yang semakin pesat. Dan juga kesesuaian antara bidang industri dan jurusan pendidikan vokasi tersebut.

Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan vokasi dapat dilihat dari tingkat mutu dan relevansi, yaitu jumlah penyerapan lulusan dan kesesuaian bidang pekerjaan dengan bidang keahlian yang dimiliki oleh lulusan pendidikan vokasi. Selain itu motivasi yang tinggi dari para lulusan juga dapat mendorong dan membantu terpenuhinya kebutuhan di dunia industri.



Komentar


blog comments powered by Disqus
    • Statistik Pengunjung
    • Browser :
    • Operating System : Unknown Platform
    • Server process time: 0.0261 secs.