Logo

Berita

Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Berwawasan global dan berkarakter Islami

Jombang – Profesionalisme dan kepedulian sosial diri mahasiswa dalam bekerja perlu ditingkatkan melalui suatu program diluar kelas perkuliahan. Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) secara simbolis telah melepas dua mahasiswa Program studi (Prodi) Ekonomi Syariah untuk melaksanakan program magang di Bank BRI Syariah Jombang (16/9). Kedua mahasiswa tersebut adalah Nadya Uswatun Chasanah dan Khairul Anwar yang sedang menempuh semester VII. Pelaksanaan program magang ini adalah perwujudan dari hasil kerjasama yang telah terjalin erat antara Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (UNWAHA) dengan Bank BRI Syariah.  

Program magang yang diselenggarakan pada khususnya bertujuan untuk: (1) memperkokoh kesepadanan antara dunia pendidikan dengan dunia kerja; (2) menambah pengetahuan dan pengalaman terkait kegiatan operasional di Bank BRI syariah; dan (3) memacu mahasiswa prodi ekonomi syariah dalam mempraktikkan ilmu yang diperoleh selama magang untuk diterapkan di dunia usaha/kerja. Sebagaimana nasihat yang disampaikan oleh Dekan FAI, KH. Wafiyul Ahdi, M.Pd.I agar mahasiswa prodi ekonomi syariah memanfaatkan kesempatan ini dengan baik dan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Dekan sekaligus ketua yayasan Bahrul Ulum Tambakberas Jombang menyampaikan, “Pergunakan kesempatan magang ini dengan sebaik mungkin. Karena dengan magang ini kalian akan mendapatkan ilmu dan pengalaman yang lebih dibanding ketika belajar teori di perkuliahan. Selain itu, Jadilah orang yang dapat menyesuaikan diri di manapun kalian berada, karena dengan itu kalian akan bisa survive dalam kehidupan.”

Melalui program magang ini, diharapkan kedua pihak tetap menjaga hubungan kerjasama ini sehingga semakin menguatkan dari aspek kualitas, pendidikan, dan pelayanan masyarakat serta dapat menghasilkan lulusan profesional yang berilmu dan bertakwa. Selain itu, mahasiswa prodi ekonomi syariah diharapkan semakin kreatif dalam menghadapi permasalahan di lingkungan kerja. Sehingga setiap permasalahan yang dihadapi dapat dijadikan sebuah rumusan masalah dalam sebuah rancangan tema penelitian skripsi yang akan mereka hadapi menjelang semester akhir.

Hal itu juga telah disinggung oleh Ibu Maretha Widjaya selaku dosen pamong di tengah sambutannya. Ia menambahkan terkait teknik pekerjaan oleh mahasiswa prodi ekonomi syariah yang melaksanakan magang. “Untuk mahasiswa magang, pekerjaannya adalah mencakup semua bagian yang ada di BRI Syariah ini. Kalau memang ada yang mau diteliti nanti bisa langsung bertanya kepada bagian yang menjadi fokus penelitian.” Imbuhnya.

Berdasarkan pesan yang disampaikan oleh dosen pamong, maka kedua mahasiswa prodi ekonomi syariah tersebut telah resmi menjadi bagian dari pegawai Bank BRI Syariah selama 30 hari kerja terhitung sejak 16 September 2019.  Nasihat terakhir disampaikan oleh Kaprodi Ekonomi Syariah, Kholis Firmansyah, M.SI. tentang sikap yang harus dijaga oleh mahasiswa selama bekerja serta menunjukkan semangat kerja yang tinggi. “Tunjukkan semangat dan loyalitas bekerja kalian secara maksimal, karena tidak menutup kemungkinan pihak perusahaan akan merekrut pribadi yang memiliki etos kerja yang tinggi. Ketika mendapat tugas tambahan janganlah membuat kalian mengeluh, justru kalian harus terpacu untuk menjadi yang lebih baik lagi.” Pungkasnya. (red: Mahasiswa Ekonomi syariah)



Komentar


blog comments powered by Disqus
    • Statistik Pengunjung
    • Browser :
    • Operating System : Unknown Platform
    • Server process time: 0.1525 secs.