Logo

Berita

Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Berwawasan global dan berkarakter Islami

Studi banding merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan kedepannya untuk menjadi lebih baik. Kegiatan seperti ini tentunya sangat bagus bagi perkembangan suatu kebutuhan yang diharapkan sebagaimana mestinya. Pengertian dari studi banding itu sendiri adalah sebuah konsep belajar yang dilakukan di lokasi dan lingkungan berbeda yang merupakan kegiatan yang lazim dilakukan untuk maksud peningkatan mutu, perbaikan sistem, penentuan kebijakan baru, dll.

Persiapan yang dilakukan sebelum melakukan studi banding adalah melakukan tinjauan dan evaluasi internal, mengenai mana saja yang akan dikembangkan dan dinaikan progresnya. Setelah itu dibuat draft list secara terstuktur sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Tujuan utama melakukan studi banding nantinya adalah menggali sebanyak mungkin informasi yang bisa didapat scara teknis real dan empiris. Untuk dijadikan barometer dan pembanding yang kemudian masuk untuk menemukan sebuah pembaharuan yang aplikatif, baik untuk plan ke depan dalam jangka pendek dan jangka panjang secara futuristik. Jadi dengan kata lain tujuan dari studi banding tersebut adalah :
1. untuk menambah wawasan tentang tempat lain
2. untuk menimba pengalaman baru di ditempat lain
3. untuk membandingkan dengan tempat lain
4. untuk menambah cakrawala berpikir

Rabu, 31 Januari 2017, segenap civitas akademik Fakultas Ilmu Pendidikan UNWAHA melakukan studi banding ke Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Rombongan terdiri atas dosen, staf, dan mahasiswa semester IV dan VI. Studi banding yanng dilakukan tidak hanya lingkup fakultas secara umu, melainkan juga ke jurusa-jurusan yang ada di FMIPA UM. Kegiatan studi banding bukan hanya sharing wawasan dan pengetahuan secara teorotik saja melainkan mahasiswa juga belajar praktikum di laboratorium. Secara umum,  studi banding kali ini dilakukan untuk membandingkan kurikulum, pengajaran, hingga fasilitas penunjang kegiatan pembelajaran.

Selain ke FMIPA UM, kegiatan studi banding berlanjut pada  kegiatan lapangan. Mahasiswa mempraktekkan teori yang telah diperoleh dari pembelajaran. Dekan FIP yang juga turut mendampingi kegaiatan studi banding menyampaikan bahwa studi banding merupakan sarana koreksi megenai apa yang sudah dilakukan selama ini di kampus, berbagi wawasan dan pengalaman, dan untuk mempraktekkan kajian materi yang telah diberikan. 

 



Komentar


blog comments powered by Disqus
    • Statistik Pengunjung
    • Browser :
    • Operating System : Unknown Platform
    • Server process time: 0.0565 secs.