Logo

Berita

Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Berwawasan global dan berkarakter Islami

25 Maret 2017, UKM Penalaran Unwaha melakukan Kunjungan Redaksi ke Radar Jombang Jawa Pos untuk belajar tentang jurnalstik khususnya jusnalistik media cetak. Kedatangan UKM Penalaran disambut baik oleh tim Radar Jawa Pos. Acara kunjungan redaksi kali ini berupa penyampaian materi oleh General Radar Jombang (Bapak Nur Kholis). Setelah acara penyampaian materi, mahasiswa berinteraksi dengan wartawan Radar Jombang untuk belajar mengenai bagaimana tugas seorang percari berita. Selanjutnya acara ditutup dengan penyerahan cindera mata dari UKM Penalaran Unwaha ke Radar Jombang Jawa Pos. 

Materi yang disampaikan oleh Bapak Nur Kholis meliputi bagaimana tantangan menjadi seorang jurnalis pemula. Keikutserataan mahasiswa dalam UKM penalaran merupakan sebuah langkah yang bagus dalam mengembangkan bakat dan minat menjadi seorang jurnalis. seorang jurnalis harus peka terhadap fenomena kejadian sekitar, mempunyai sikap disiplin dan pandai mengatr waktu, dan yang paling penting lagi adalah rajin dan suka membaca. Membaca merupakan modal penting dalam menjadi seorang jurnalis karena seorang jurnalis dituntut untuk selalu up to date dan mampu menulis sebuah berita. Bapak Nur Kholis juga menyampaikan trik trik dalam menentukan topik/fenomena/kejadian yang menarik untuk menjadi sebuah berita, antara lain sebagai berikut:

1. Objek --> karakteristik objek haruslah eksklusif , hal yang di ulas dari objek adalah sesuatu yang unik dan dari sudut pandang berbeda

2. Siapa yang diwawancara

3. Kepada siapa berita itu ditujukan. Contohnya seperti berita yang ditujukan untuk umum akan berbeda bahasa dengan berita untuk anak-anak. 

 

Pada saat menulis berita, banyak hal yang harus diperhatikan agar maksud dari berita yang ditulis mampu sampai ke pembaca. hal tersebut antara lain:

1. Judul --> judul harus singkat, padat, mudah dipahami, dan menarik

2. Alinea Pertama --> bagian ini merupakan roh dari sebuah berita dan kunci apakah pembaca akan melanjutkan membaca berita atau tidak. Alinea pertama dalam sebuah berita harus mencakup unsur 5W+1H (what, when, where, who, why, dan how)

3. Isi --> isi berita tidak boleh melenceng dari judul dan bukan hoax.

Materi yang diperoleh dari tim Radar Jombang Jawa Pos merupakan ilmu yang sangat penting bagi mahasiswa UKM Penalaran Unwaha. Semoga dengan adanya kunjungan redaksi ini dapat meningkatkan semangat dan kinerja UKM Penalaran dalam berkarya di bidang jurnalistik dan karya ilmiah.

 

 

 



Komentar


blog comments powered by Disqus
    • Statistik Pengunjung
    • Browser :
    • Operating System : Unknown Platform
    • Server process time: 0.0363 secs.